Cara Cek Website Down dan Solusinya

Beberapa waktu yang lalu salah satu website jual beli yang terkenal di indonesia down, padahal saya sedang melakukan transaksi jual beli. Saya pun mengecek website lain yaitu tokopedia, ternyata juga down tidak bisa dibuka. Akhirnya saya googling menggunakan keyword “cara cek website down” dan menemukan situs webdownnow.com. Ternyata memang dua website jual beli terbesar di indonesia ini memang sedang down. 
Timbul pertanyaan, Sebenarnya ada apa dengan dua website tersebut, apakah keduanya memiliki server dengan lokasi yang sama atau sedang terjadi serangan di kedua situs tersebut?? Tapi bukan itu yang akan saya bahas, disini saya akan membahas tool gratis untuk mengecek atau mengetahui sebuah website down atau tidak dengan menggunakan fasilitas online dari webdownnow.com. Dari website ini kita bisa mengetahui apakah sebuah situs website sedang mengalami down atau memang koneksi internet kita yang terganggu.

Cara Cek Website Down dengan Webdownnow :

  1. Buka situs webdownnow.com
    down2bwebsite2bchecker-6510127
    Tampilan Situs Webdownnow.com

  2. Pada bagian check masukkan nama situs website yang akan kita cek
  3. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai kondisi website tersebut apakah down atau up
    down2bwebsite2bchecker2bstatus-8788573
    Tampilan Status Down / Up Website

  4. Selain informasi mengenai status website apakah sedang down atau up, website ini juga menyediakan informasi tabel history hasil ping dan status per beberapa waktu.
    down2bwebsite2bchecker2bgrafik-2948405
    Grapik status website
  5. Di sebelah kolom kanan juga ada informasi website-website terbaru yang sedang berstatus down
    down2bwebsite2bchecker2bgrafik2brecent2b-8681778
Nah, dari informasi yang di dapat dari situs ini, kita bisa menganalisa apakah sebuah situs sedang mengalami down atau memang koneksi internet kita yang terganggu. Cara kerja tool dari website webdownnow ini adalah dengan melakukan ping ke server tujuan website. Dari informasi tabel terlihat kapan tool ini melakukan ping dan status dari website tersebut. 
Jika ternyata setelah kita cek menggunakan tool ini website tersebut up, maka bisa jadi provider internet kita yang bermasalah. Kita bisa menggunakan koneksi dari provider atau ISP lain untuk mengecekknya.
Selain Informasi Server Status, pada website ini juga menyediakan Troubleshooting Intructions, dengan mengeklik tombol Troubleshooting Intructions pada tab di sebelah Server Status.
troubleshooting2bwebsite2bdown-4234298
Troubleshooting Intructions

Beberapa Solusi untuk Mengatasi Website Down (tidak bisa diakses):

Solusi 1 : Hapus cache dan Cookies pada browser
Solusi 2 : Menggunakan alternative browser lain, karena bisa jadi browser kita yang bermasalah
Solusi 3 : Hapus Local DNS Chace
Demikian sekilas informasi cara mengecek status website, apakah down atau up, semoga bermanfaat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.