Keyboard Test Portable, Aplikasi Cek Keyboard Laptop Rusak

Akhir-akhir ini saya banyak menemui kerusakan pada keyboard laptop. Antara lain, tombol yang menekan terus atau pun ditekan tetapi huruf atau perintah yang dimaksud tidak keluar. Ciri lain dari kerusakan keyboard (untuk keyboard menekan terus) adalah saat pertama kali laptop dihidupkan, akan terdengar bunyi “tiiit” berulang-ulang.

(catatan: untuk kondisi layar masih bisa menampilkan gambar,kerusakan pada RAM, VGA, Motherboard dll juga akan terdengar bunyi “tiit” tapi layar hitam/tidak menampilkan gambar). Tidak semua kerusakan keyboard ditandai dengan bunyi tiit saat booting

Secara logika cobalah pada kondisi keyboard normal saat menghidupkan komputer, tekanlah salah satu tombol keyboard tanpa dilepas, bunyi yang sama juga akan terdengar. Jadi kesimpulannya, bunyi “tiit” tersebut terjadi karena tombol keyboard menekan terus tanpa kita tekan.

Ada juga kerusakan keyboard ditandai dengan saat laptop atau PC dihidupkan maka akan otomatis masuk menu bios. Hal ini terjadi jika tombol yang rusak (menekan terus) adalah tombol untuk masuk menu bios. Seperti F2, del, F0, F11, Esc dan sebagainya, tiap laptop berbeda tombol menu biosnya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot, PENYEBAB dan SOLUSINYA !!

Kerusakan keyboard Laptop biasanya terjadi karena lapisan tembaga antar kedua permukaan lembab atau terlalu menempel. Sehingga kedua lapisan tersebut yang seharusnya baru bisa menempel jika ditekan, akan menempel terus, dan mengakibatkan tombol tertentu seolah-olah seperti kita tekan.

Jika tombol yang bermasalah adalah tombol huruf, angka atau karakter tertentu, hal ini dapat diketahui waktu kita menggunakan aplikasi untuk mengetik. Akan tetapi jika yang bermasalah adalah tombol Fungsi (F1,F2,..dsb) maka akan sangat sulit di deteksi.

Solusi untuk mengetahui tombol keyboard laptop mana yang bermasalah atau rusak salah satunya adalah menggunakan software PassMark Keyboard Test.  Berikut ini adalah penampakan dari sofware tersebut.

aplikasi cek keyboard laptop rusak

Keyboard test portable

Tampilan PassMark Keyboard Test

Pada software tersebut, keyboard yang sudah ditekan akan berwarna hijau, berarti tombol tersebut normal. Dan ketika tombol ditekan akan berwarna merah. Akan tetapi jika salah satu tombol berwarna merah terus tanpa ditekan, berarti tombol tersebut bermasalah (menekan sendiri).

Bagi yang berminat silahkan mendownload keyboard test portable dari link di bawah ini
(password:pcc.web.id)
Demikian tutorial cara mengetahui tombol keyboard yang rusak dengan memanfaatkan aplikasi cek keyboard laptop Passmark Keyboard Test. Software ini merupakan salah satu aplikasi cek keyboard laptop yang terbaik dan mudah diaplikasikan.

33 thoughts on “Keyboard Test Portable, Aplikasi Cek Keyboard Laptop Rusak

  1. Nila Kandi

    terimakasih gan walau udah di pake dan di bersihkan tetap gak mau berfungsi nih tombolnya,akhirnya tetep harus pakai on screan keyboard

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.