DJI Mavic Mini, Drone Terbaru Pesaing Spark

DJI yang dikenal sebagai produsen drone berkualitas, pada tanggal 30 Oktober 2019 meluncurkan Drone seri terbarunya, yaitu DJI Mavic Mini.

Drone ini menjadi istimewa karena harganya yang setara spark, tetapi dengan kualitas diatasnya.

Bisa dibilang DJI mavic mini berada diantara lini DJI Spark dan DJI mavic Air. Drone ini dibandrol dengan harga 399 USD atau setara 5,6 jutaan jika dirupiahkan.

Pada harga tersebut, kita mendapat kelengkapan berupa:

1 buah pesawat drone, 1 buah remote, sepasang baling-baling, micro USB kabel, gimbal protector, RC Cable (Micro USB connector), RC Cable (USB-C connector), RC Cable (Lightning connector),  Pair of Spare Control Sticks, Spare Screw (6 buah), dan 1 buah Screwdriver.

Untuk lebih Jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Kelengkapan DJI Mavic Mini Basic
Kelengkapan DJI Mavic Mini Basic

Pada Paket combo yang dijual seharga 499 USD atau sekitar 7 juta rupiah, selain mendapat kelengkapan basic diatas, kita juga memperoleh tambahan berupa: baterai yang didapat 3 buah, 3 pasang baling-baling, kabel micro USB 2 buah, 360° Propeller Guard, Two-Way Charging Hub (bisa untuk 3 baterai), USB Charger 18 Watt dan tas (Carrying Bag).

Untuk lebih Jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Kelengkapan DJI Mavic Mini Combo
DJI Mavic Mini Paket Combo

Kalau dilihat dari harganya yang selisih 1,4 jutaan, alangkah baiknya jika ada dana lebih, saya sarankan membeli paket combo, karena mendapat tambahan aksesoris yang lebih baik jika dibanding membeli secara terpisah dikemudian hari.

Kalau beli terpisah kemungkinan harus nambah 3 jutaan lebih kalau melihat perbandingan aksesoris spark yang dijual sebelumnya.

Kelebihan DJI Mavic Mini

  1. Berat ringan cuma 250 gram, lebih ringan dari Spark yang memiliki berat 300 gram. Dengan berat seperti itu, maka Registrasi tidak diperlukan di beberapa negara dan wilayah
  2. Ukuran hampir sama dengan rata-rata smartphone dan bisa dilipat
  3. Ukuran Video 2.7 K: 2720×1530 25/30 p, FHD: 1920×1080 25/30/50/60 p
  4. memilki stabilixer 3-axis gimbal, sehingga hasil video lebih stabil. Sementara spark cuma 2-axis
  5. Durasi terbang maksimal 30 menit 2600 mAh, sementara Spark 1480 mAh
  6. Jarak terbang 4 Km, sedangkan Spark 2 Km. Dengan jangkauan terbang yang lebih jauh, seharusnya kemampuannya lebih baik dari spark

Kekurangan Mavic Mini

  1. Resolusi Video belum 4K , masih 2,7 K
  2. Tidak adanya sensor depan, jadi sensor hanya di bagian bawah saja. Sensor ini berguna untuk mencegah drone menabrak benda di depannya. Sementara DJI Spark Punya Sensor di Depan dan Bawah
  3. Untuk melepas baling-baling harus menggunakan obeng. Berbeda dengan DJI Spark yang tanpa peralatan tambahan kita bisa dengan mudah melepas baling-baling. Sementara di seri Mavic Mini harus menggunakan obeng untuk melepas baling-baling.

Demikian sedikit ulasan tentang DJI Mavic Mini, Drone terbaru dari DJI yang memiliki harga murah dengan spesifikasi istimewa. Dan menurut saya drone ini sangat rekomended dan layak beli.

Baca Juga: Drone Simulator, MI Drone

Untuk spesifikasi detail bisa di lihat di situ Resmi DJI : Spesifikasi DJI Mavic Mini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.