Menggabungkan 2 Power Supply (PSU) dalam 1 komputer / PC

psu2bdouble-9109963
Seiring dengan meningkatnya keputuhan komputer berspesifikasi tinggi, peran power supply menjadi vital untuk dapat memberikan daya sesuai dengan kebutuhan. Biasanya yang membutuhkan power supply berdaya besar adalah VGA kelas hight End. Untuk Pentingnya memilih Power Supply (PSU) yang berkualitas bagi Komputer  dan Tips Memilih power supply berkualitas  dapat anda baca di artikel sebelumnya.
 
Berawal dari banyaknya hardisk yang terpasang di komputer saya, yaitu 1 terra, 750 GB, 500 GB dan 320 GB. Walaupun saya menggunakan Komputer dengan spesiifikasi core i3 3,4 GHz dam RAM 4 GB, akan tetapi kinerja komputer sangat lambat dan tidak wajar.
 
Akhirnya untuk 2 hardisk lainnya saya tambahkan power supply lain, dan alhasil kinerja komputer menjadi normal. Kebetulan ada power supply 200 Watt Pure bawaan komputer built up HP. Hal semacam ini juga pernah saya alami dulu ketika membandingkan menggunakan power supply abal-abal dan power supply berkualitas. Ternyata ketika menggunakan power supply berkualitas kinerja komputer menjadi lebih baik.
 
Dari pengalaman tersebut, saya berkesimpulan, bahwa kinerja komponen komputer menjadi kurang maksimal karena kebutuhan dayanya kurang atau tidak terpenuhi. Dan banyak saya temukan, kasus kerusakan hardisk disebabkan karena menggunakan power supply abal-abal. Padahal isi hardisk itu kadang lebih penting dari beberapa rupiah untuk membeli power supply berkualitas.
 
Sebenarnya tidak sulit untuk menggabungkan 2 power supply dalam 1 komputer. kita cukup menghubungkan kabel hijau  dan kabel hitam yang ada pada konektor yang terhubung ke motherboard. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Menggabungkan 2 Power Supply (PSU)  dalam 1 komputer / PC
konektor psu yang dihubungkan

Baca Juga: Panduan Lengkap (TIPS dan TRIK) Membeli Laptop Bekas

Pada Gambar diatas, salah satu konektor dihubungkan ke motherboard, sementara yang lainnya tidak dihubungkan. Dengan cara ini maka ketika tombol On/Off di tekan, power supply bisa menyala bersamaan. Demikian juga ketika komputer di Shutdown kedua power supply juga ikut mati.  

8 thoughts on “Menggabungkan 2 Power Supply (PSU) dalam 1 komputer / PC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.