Menjadikan HP Android Sebagai barcode scanner di PC (Komputer)

scan-barcodes-to-pc-or-mac-8345246
Terinspirasi oleh aplikasi Primary Care BPJS yang digunakan oleh Dokter dan para petugas kesehatan, yang ternyata kebanyakan masih menggunakan cara manual (mengetik dengan keyboard) untuk input  nomor kartu peserta BPJS. Maka terpikirkan untuk mencari aplikasi yang bisa memanfaatkan HP Android sebagai barcode scanner, dimana hasil pembacaan barcode bisa terinput langsung di komputer. Jadi dengan cara tersebut maka kecepatan pelayanan pasien bisa ditingkatkan.

Setelah browsing kesana kemari, dan melakukan beberapa percobaan, akhirnya menemukan juga aplikasi yang saya inginkan. Aplikasi android ini sebenarnya bisa diunduh secara gratis di Google Play, akan tetapi yang versi gratis hanya terbatas 20 pembacaan barcode. Versi berbayar/pro  harganya Rp.79.727,-. Maka mau tidak mau saya harus mencari yang versi pro yang gratis di tempat lain, dan akhirnya menemukan lewat download via torrent. Walaupun sebenarnya tidak baik menggunakan aplikasi bajakan, tapi tidak apalah, yang penting bermanfaat..he..he..
Syarat dari penggunaan aplikasi ini adalah Komputer/PC dan HP Android harus terhubung dalam 1 jaringan. Jadi koneksi HP android ke komputer menggunakan Wifi yang masih berada dalam 1 jaringan.
wifirouter3gevdohsdpags-9753832
Ilustrasi Konektifitas Jaringan Komputer dan Smartphone
Berikut ini adalah cara penggunaan aplikasi tersebut:

  1. Download aplikasi barcode scanner di sini, lalu install di HP Android anda
  2. Pada komputer,download driver di sini  atau disini (via dropbox), lalu install di komputer
  3. Pada Komputer,buka aplikasi yang membutuhkan barcode scanner, lalu letakkan kursor di menu input text
  4. Buka aplikasi Barcode Reader di HP Android, lalu scan barcode (kualitas kamera akan mempengaruhi kecepatan pembacaan barcode)
  5. Hasil scan barcode akan ditampilkan di komputer secara otomatis
Aplikasi ini dapat digunakan untuk semua aplikasi komputer yang membutuhkan input text. Jadi bisa juga digunakan untuk aplikasi perpustakaan, kasir, dsb. Jika anda tidak mempunyai radio accest point dirumah, anda bisa memanfaatkan laptop sebagai akses point atau hotspot, cari saja caranya di google dengan keyword “menjadikan laptop sebagai hotspot”.
Demikian cara menggunakan HP android sebagai barcode scanner di komputer/PC. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan lewat komentar di bawah.

–>

77 thoughts on “Menjadikan HP Android Sebagai barcode scanner di PC (Komputer)

  1. agus armanto

    belum pernah mengalami mas..kalau saya baca di situsnya kemungkinan karena masalah firewall..coba dimatikan dulu windows firewallnya atau firewall dari antivirus

  2. widia wati

    saya lagi cari bahan2 buat skripsi nie gan!! saya lagi pengin mebuat aplikasi sistem barcode untuk absensi menggunakan android, jadi begini saya pengin android itu scand barcode trs langsg masuk k pc kantor, sistemnya kaya add bbm! kira2 aplikasi ini bisa g buat kirim data barcode, dengan jarak berjauhan, otomatis hp dan pc tidak terhubung dengan satu wifi,…
    lagi butuh pencerahan bs ngbrl lewat email winarso605@ymail.com

  3. Hery Tarigan

    gan..mau tanya. kalau ingin menampilkan deskripsi produk dengan memanfaatkan scanner barcode caranya gimana ya kalau data-data produknya ada di file excel. thanks.

  4. Anonim

    saya ada case, di wifi yg sama namun beda divice
    pc A dengan hp A dan pc B dengan Hp B
    PC A pertama kali di sambungkan dengan hp A dan berhasil
    ketika pc b dan hp b disambukan tidak bias tersambung kenapa ?
    tapi pc a dengan hp b bisa tersambung
    apakh aplikasi ini hanya untuk 1 pc dengan 1koneksi wifi

  5. Unknown

    Gan saya sdh coba di word, memang mau terbaca tp gan pada saat saya arah kan ke aplikasi tidak mau terbaca gan, dsni aplikasi saya menggunakan delphi7 full edition 7.3.4.3 mohon tanggapan nya

  6. Unknown

    Om saya mau tanya, driver utk pc sdh saya download dan sdh terinstal tp ketika saya jalankan kok muncul ada fil .dll yg korup ya… bisa bantuan infonya? Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.