DJI Mavic Air 2, Spesifikasi, Harga dan Fitur Barunya

Hari ini 28 April 2020, DJI merilis seri drone terbarunya, yaitu DJI Mavic Air 2 sebagai penerus dari DJI Mavic Air yang dirilis sekitar dua setengah tahun sebelumnya. Sementara setengah tahun yang lalu DJI juga merilis Drone Mavic Mini yang berukuran kecil dan sangat laris dipasaran karena harganya yang terjangkau.

Pembelian DJI Mavic Air 2, saat artikel ini ditulis hanya Tersedia di DJI Store, dan kamu harus menggunakan proxy untuk membuka dan mengintip spesifikasi dan harganya. Karena saat ini pada website DJI Store versi indonesia belum tersedia.

Harga DJI Mavic Air 2 Untuk versi standard dibanderol 799 USD (sekitar 12.338.158,00 Rupiah) dan versi Fly more Combo 988 USD (15.256.696,00 Rupiah). Untuk pengguna di Indonesia harus bersabar dulu, karena Drone terbaru DJI ini baru tersedia 11 Mei 2020 untuk pasar Amerika Serikat terlebih dahulu. Untuk Pre-Order sudah dimulai sejak hari ini.

Berikut ini gambaran apa saja yang didapat dari kedua versi drone terbaru DJI tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, apakah akan membeli versi Standard atau Fly more Combo.

Kelengkapan DJI Mavic Air 2 Standar vs Mavic Air 2 Fly more Combo

Kelengkapan DJI Mavic Air 2 Standart Edition
Kelengkapan DJI Mavic Air Standart Edition
Kelengkapan DJI Mavic Air 2 Fly more combo Edition
Kelengkapan DJI Mavic Air Fly more combo Edition

Daftar Aksesoris DJI Mavic Air 2 Standar dan Mavic Air 2 Fly More Combo

KelengkapanStandar EditionFly More Combo
Aircraft11
Remote Control11
Charger Baterai11
Baterai13
Kabel Power AC11
Baling-baling3 Pasang6 Pasang
Kabel RC USB tipe C11
Kabel RC Lighting USB11
Kabel RC Micro USB11
Gimbal Protector11
Kabel data USB Type C11
Spare Control Stick1 Pasang1 Pasang
ND Filter Set (ND16/64/256)1 set
Baterai Charger Hub1
Baterai Power Bank Adaptor1
Shoulder Bag1
Perbedaan versi standar dan combo ditandai dengan warna merah

Secara garis besar, perbedaan DJI mavic Air 2 standar dan Mavic Air 2 Fly more combo adalah pada versi Fly more combo include 3 baterai dan 6 pasang baling-baling. Sementara pada versi standard cuma 1 baterai dan 3 pasang baling-baling.

Pada DJI Mavic Air 2 versi fly more combo ada tambahan 1 paket ND filter (ND16/64/256) yang berguna untuk mengurangi intesitas cahaya yang masuk ke sensor. Selain itu pada versi combo ada tambahan charger hub baterai , baterai Power bank adaptor dan shoulder Bag.

Apa Saja Fitur Terbaru dari DJI Mavic Air 2?

Pada Drone terbaru DJI ini, penambahan fitur yang paling terlihat adalah durasi terbang yang lebih lama, yaitu 34 Menit. Sementara mavic air generasi pertama hanya mampu terbang selama 21 menit. Selain itu pada DJI Mavic Air 2 juga ada penambahan ukuran sensor menjadi 1/2 Inch CMOS. Lebih besar dari DJI Mavic Air, Mavic Mini, Spark, Mavic Pro, Mavic 2 Zoom, Mavic Pro Platinum, Phantom 3 dan Phantom 4 Standar Edition yang hanya memiliki ukuran sensor 1/2.3 inch CMOS.

Dengan durasi terbang yang lebih lama tentu Drone terbaru dari DJI ini akan menambah kenyamanan saat pengambilan footage. Ukuran Sensor yang lebih besar juga akan meningkatkan kualitas gambar terutama saat kondisi minim cahaya (Low Light). Selain itu jarak terbang Mavic air 2 ini bisa sampai 10 km dengan dengan transmisi video mencapi resolusi 1080p. Mendukung mode HDR, FokusTrack, 48MP Photo & 4k/60fps Video dan 8K Hyperlapse.

Baca Juga: DJI Mavic Mini, Drone Terbaru Pesaing Spark

Berikutnya akan kita bahas fitur-fitur apa yang menyertai drone terbaru DJI ini.

1. Fitur dan Performa Kamera DJI Mavic Air 2

48 MP Photo

DJI Mavic Air 2 menghasilkan foto yang menakjubkan berkat sensor CMOS berukuran 1/2-inci yang didukung oleh teknologi Quad Bayer. Kamu dapat mengambil foto dengan resolusi sebesar 48MP dengan detail warna yang sangat baik. Hal ini sangat berguna jika kamu ingin mencetak foto ukuran besar.

Untuk bahasan hubungan resolusi dan ukuran cetak foto yang ideal bisa menuju artikel berikut: Ukuran Cetak Foto 2R, 3R, 4R, 5R, 8R, 10R, 12R, 16R, 20R, 24R dan 30R dalam cm dan Inchi

4K/60fps Video

Drone terbaru DJI ini menawarkan video luar biasa di 4K / 60 fps, 2.7K / 60 fps, dan 1080p / 240 fps, yang sempurna untuk konten kreator yang ingin meningkatkan keahlian mereka. Dengan fitur color profile D-Cinelike akan mempertahankan detail luar biasa, memungkinkankamu mengubah warna seperti profesional.

HDR Vidio

DJI Mavic Air 2 hadir dengan video HDR yang didukung oleh teknologi Quad Bayer berkinerja tinggi. Berkat arsitektur sensor, HDR memastikan kamu dapat menangkap gambar berlapis dengan detail dan warna yang luar biasa. Cara kerjanya adalah dengan mengambil beberapa gambar secara berurutan dengan nilai eksposur yang berbeda dan menggabungkannya menjadi satu gambar.

hdr-video-updated-1-4383330
HDR Video, Image Source DJI Guide

SmartPhoto DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 memiliki fitur SmartPhoto, yang mengintegrasikan HDR, HyperLight, dan scene recognition untuk bidikan yang dioptimalkan dengan sempurna. Hyperlight meningkatkan foto yang diambil dalam situasi cahaya redup dengan menggabungkan gambar dan menghilangkan noise.

Scene recognition mengoptimalkan parameter pemotretan kamera berdasarkan fitur canggih untuk mendeteksi matahari terbenam, langit, rumput, salju, dan pohon. HDR menggunakan algoritme canggih untuk mengoptimalkan rentang dinamis gambar.

SmartPhoto menyediakan pendekatan cerdas untuk fotografi drone yang membuatnya mudah untuk mengambil foto yang memukau. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa Foto yang diambil dalam mode SmartPhoto memiliki resolusi 12 MP.

smartphoto-1-696x318-5401705
SmartPhoto, Image Source DJI Guide

HDR Panorama

Untuk pengguna yang mencari bidikan epik ultra lebar untuk thumbnail media sosial, sampul artikel, atau gulungan konten, Mavic Air 2 menghadirkan mode panorama paling canggih DJI yang mengesankan dengan warna dan detail yang hidup.

hdr-panorama-696x185-8729522
HDR Panorama, Image Source DJI Guide

Stabilization

Menggunakan sistem gimbal 3-axis, Mavic Air 2 akan menghasilkan gambar yang stabil bahkan di lingkungan berangin dan tidak stabil. Ini berarti Anda bisa mendapatkan rekaman yang sempurna tidak peduli seberapa besar gangguan angin dan pergerakan drone.

2. Cinematic Shots DJI Mavic Air 2

ActiveTrack 3.0

Jika kamu mencari drone yang bisa mengikuti pergerakanmu , DJI Mavic Air 2 dapat melakukan ini sambil menghindari rintangan menggunakan ActiveTrack 3.0. Dengan menggunakan teknologi pelacakan terbaik DJI hingga saat ini, Anda dapat mengidentifikasi kembali subjek Anda setelah hilang dalam adegan berkecepatan tinggi, menggunakan algoritma untuk memprediksi posisi mereka. Penghindaran rintangan dan pengenalan objek telah ditingkatkan.

activetrack-3-0-3561268
Active Track, Image Source DJI Guide

Spotlight 2.0

Mode penerbangan cerdas ini menawarkan cara praktis untuk menjaga subjek di tengah bingkai saat drone terbang. Caranya cukup pilih subjek dan terbang, maka sistem secara otomatis akan menjaga subyek tetap di tengah bingkai (frame).

spotlight-2-0-5880252
Spotlight, Image Source DJI Guide

POI 3.0

Point of Interest 3.0 menggunakan teknologi pemosisian canggih untuk membuat jalur penerbangan otomatis dan titik tetap yang digunakan Mavic Air 2, menjaga subjek yang kamu bidik tetap di tengah frame. POI 3.0 juga dapat melacak objek seperti orang, mobil, dan kapal, memberi kamu lebih banyak pilihan untuk pembuatan film kreatif.

poi-3-0-updated-8797182
POI, Image Source DJI Guide

8K Hyperlapse

Ini adalah fitur yang sangat baik untuk konten kreator yang ingin mengubah gambar yang diambil menjadi adegan sinematik profesional. Dengan Mavic Air 2 kamu bisa membuat transisi dari sore ke malam dalam bidikan yang sama. 8K Hyperlapse adalah cara luar biasa untuk menjelajahi naratif kreatif Anda, cukup pilih lokasi pemotretan Anda, dan aplikasi akan membuat adegan otomatis dalam hitungan detik! Tidak diperlukan pengeditan lagi, dan kemungkinan tidak terbatas dengan empat mode Hyperlapse yang berbeda untuk dipilih. Resolusi 8K hanya dapat digunakan dalam Free Mode dan Waypoint

8k-hyperlapse-updated-9893652
Hyperlapse, Image Source DJI Guide

QuickShots DJI Mavic Air 2

Setiap pembuat konten menginginkan rekaman yang akan menerangi umpan media sosial mereka. Hanya dengan beberapa ketukan, QuickShots memberi Anda urutan penerbangan menakjubkan yang melepaskan potensi kreatif Anda. Template cerita membawa semuanya ke level berikutnya dengan musik, efek khusus, dan filter. Dan berkat penambahan stabilisasi gambar elektronik, QuickShots pada Mavic Air 2 menjadi lebih halus dan lebih mengesankan daripada sebelumnya.

quickshots-7637194
QuickShots, Image Source DJI Guide

3. Flight Performance & Fitur Keselamatan DJI Mavic Air 2

OcuSync 2.0

Untuk pengalaman penerbangan terbaik, Drone terbaru DJI ini memiliki sensor maju, mundur, dan turun. Jadi Drone ini memiliki 3 sensor, yang ditempatkan di depan, belakang dan bawah. Selain itu, lampu tambahan meningkatkan penglihatan dan keamanan dalam kondisi pencahayaan yang buruk dan membantu drone mendarat dengan aman.

Advanced Pilot Assistance Systems (APAS) 3.0

APAS menampilkan teknologi pemetaan canggih untuk penghindaran kendala yang andal dalam skenario kompleks. Penghindaran rintangan adalah fitur terbaik DJI yang saat ini ditawarkan pada beberapa drone mereka, memberikan pengalaman penerbangan yang lebih aman di manapun kamu berada.

APAS tidak tersedia saat merekam dalam 4K pada 60 fps dan 1080p pada 240 fps. Kinerja APAS terbatas saat merekam dalam 4K pada 50 dan 48 fps, serta 2.7K pada 60 fps dan 1080p pada 120 fps.

Dual-Frequency Flight

Drone terbaru DJI ini dibuat untuk petualangan apa pun. Untuk meningkatkan anti-gangguan di lingkungan pemotretan yang berbeda, komunikasi frekuensi ganda 2.4 / 5.8GHz secara otomatis menyesuaikan ke saluran dengan interferensi paling rendah selama penerbangan.

Battery Life

Pada baterai, Mavic Air 2 menawarkan daya tahan baterai hingga 34 menit, sehingga Anda tidak perlu lagi terburu-buru untuk mendapatkan bidikan yang sempurna. Drone terbaru DJI ini menawarkan daya tahan baterai lebih lama daripada Mavic Air, yang berarti Anda bisa terbang lebih lama dan memperluas potensi kreatif Anda.

3. DJI Fly App

Mavic Air 2 ini pada pengoperasiannya menggunakan aplikasi DJI Fly, sama seperti yang digunakan pada DJI mavic mini. Sampai saat ini hanya ada 2 drone yang didukung menggunakan aplikasi DJI Fly, yaitu mavic air 2 dan mavic mini. Sementara sebelumnya kebanyakan seri drone DJI seperti Phantom 4, Spark, Mavic Pro dsb menggunakan aplikasi DJI GO.

Aplikasi DJI Fly menawarkan user interface yang sangat sederhana untuk para penggunanya. Kamu dapat mengakses pengaturan kamera, fungsi-fungsi tingkat lanjut, dan template kreatif yang membantu Anda menangkap dan berbagi karya sinematik.

4. Remote Controller

Remote control ini memiliki daya tahan baterai yang ditingkatkan dan desain yang ergonomis untuk kenyamanan tertinggi saat kamu memotret. Kamu dapat memasang smartphone berbeda dengan mudah menggunakan penjepit baru, dan antena terintegrasi menawarkan pengalaman penerbangan terbaik.

remote-dji-mavic-air-2
RC DJI Mavic Air 2, Image Source DJI Guide

5. ND filters DJI Mavic Air 2

Drone terbaru DJI ini hadir dengan dua set filter ND yang memungkinkan Anda mengontrol eksposur untuk bidikan sempurna. Perangkat ND 16/64/256 dapat dibeli sebagai bagian dari paket Fly More Combo dan bagus untuk menyesuaikan kecepatan rana dalam kondisi pencahayaan yang keras, sedangkan perangkat ND 4/8/32 sangat cocok untuk memotret gambar yang cerah dengan nilai ISO rendah.

nd-filter-set
ND Filter, Image Source DJI Guide

Demikian Review dan Pembahasan tentang drone terbaru dari DJI, yaitu DJI Mavic Air 2, mulai dari Spesifikasi, harga, fitur terbaru dan sebagainya. Artikel ini mungkin bisa jadi pertimbangan untuk kamu yang berencana mengupgrade drone atau bagi yang pertama kali beli drone sebagai drone pertamanya yang istimewa.

Selalu pertimbangkan harga dan kebutuhan penggunaan drone dalam membeli sebuah drone. Semoga dalam waktu dekat segera di jual resmi di Indonesia agar para pecinta drone Indonesia bisa menikmati fitur canggih dari Drone keluaran terbaru DJI ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *